Mengenal Perbedaan antara MHz dan MT/s, Apakah Sama?


Saat kita ingin membeli sebuah RAM komputer, maka salah satu faktor yang mungkin akan menjadi pertimbangan kita sebelum membelinya yaitu mengenai kecepatan RAM yang dimiliki.

Secara umum, penjual atau brand dari masing-masing produk memory RAM, biasanya akan mencantumkan satuan MHz sebagai penanda dari spesifikasi speed atau kecepatan transfer data yang dimiliki dari komponen tersebut.

Namun disisi lain, tidak sedikit pula produsen maupun penjual yang justru menuliskan satuan yang berbeda yaitu MT/s pada produknya tersebut.

Bagi kebanyakan orang awam, ketika melihat hal tersebut mungkin akan langsung menjadi bingung. Sebab ada dua istilah berbeda yang digunakan dalam mengukur variabel yang sama.

Jadi mana sebenarnya satuan yang tepat untuk menghitung kecepatan sebuah RAM pada PC itu?

Lalu apakah satuan MHz dan MT/s itu sama ataukah berbeda? Kalaupun berbeda, apa saja perbedaannya?

Nah jika kita memang ingin mengetahui lebih jauh tentang keduanya, maka langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.


Pengertian MHz dan MT/s serta Perbedaannya

Adapun agar lebih memudahkan dalam mengenal kedua satuan tersebut, maka kita harus mempelajari terlebih dahulu mengenai pengertian masing-masing dari kedua istilah itu.


1. Pengertian MHz

Pada dasarnya Mega Hertz atau disimbolkan dengan MHz merupakan bagian dari satuan untuk mengukur banyaknya gelombang dari sebuah transmisi elektronik, dimana satuan utamanya yaitu disebut sebagai Hertz yang disimbolkan dengan Hz.

Hertz sendiri adalah satuan untuk mengukur banyaknya gelombang dalam satu detik (1Hz = 1 gelombang per detik). Sementara MHz adalah banyaknya jutaan gelombang yang dapat dihitung dalam satu detik, ini karena dalam 1MHz sama dengan 1 juta Hz atau 10⁶Hz.

Pada komponen memori RAM, nilai MHz ini digunakan untuk mengetahui nilai dari clock speed yaitu banyaknya jumlah siklus gelombang yang muncul dalam 1 detik.

Jika di komponen chip prosesor mungkin kita mengenal istilah clock speed juga. Jadi jika kita melihat nilai clock speed cpu sebesar 4GHz, itu artinya bahwa processor cpu tersebut akan memproses 4 miliar instruksi perintah berupa siklus gelombang dalam satu detik. Sebab 1 GHz sama dengan 1.000.000.000 Hz atau 10⁹Hz.


2. Pengertian MT/s

Selanjutnya yaitu ada MT/s yang memiliki kepanjangan dari Mega Transfer per second, adalah jumlah banyaknya data yang bisa ditransferkan dalam satu detik.

Pada MT/s variabel untuk mengetahui nilai tidak hanya bergantung pada kecepatan gelombang (Hz) saja, melainkan juga pada penggunaan teknologi transfer data yang dipakai.

Dalam hal ini, ada beberapa teknologi transfer data pada modul RAM yang digunakan, yaitu berupa Single Data Rate (SDR), Double Data Rate (DDR), dan Quad Data Rate (QDR). Dimana untuk mengetahui nilai MT/s ini cukup dengan menghitung jumlah frekuensi/kecepatan gelombang (Hz) dikali dengan jenis teknologi transfer data yang dipakai itu.

Perlu diketahui juga bahwa teknologi SDR akan melakukan 1 kali operasi (mentransfer instruksi data) dalam 1 siklus gelombang per detik, untuk DDR akan melakukan 2 kali operasi dalam 1 siklus gelombang per detik, sementara untuk QDR akan melakukan 4 kali operasi dalam 1 siklus gelombang per detik.

Contoh pertama, jika ada RAM SDR dengan memiliki nilai jumlah gelombang / clock speed sebesar 1600MHz, itu artinya kecepatan transfer yang dimiliki yaitu sebesar 1600MT/s. Hasil dari 1600MHz x 1 = 1600MT/s.

Contoh kedua, jika ada memory RAM DDR dengan memiliki nilai jumlah clock speed sebesar 1600MHz, itu artinya kecepatan transfer yang dihasilkan yaitu sebesar 3200MT/s. Hasil dari 1600MHz x 2 = 3200MT/s.


Perbedaan antara MT/s dan MHz

Dari kedua pengertian di atas sebenarnya dapat disimpulkan dengan mudah bahwa secara sederhana MHz pada RAM merupakan nilai yang digunakan untuk menghitung clock speed, sementara MT/s digunakan untuk menghitung kecepatan transfer data.

Lalu jika ada tulisan RAM 8GB DDR4 3200MHz. Apakah kecepatan clock speed nya adalah 3200MHz?

Jawabannya sebenarnya kurang tepat, karena pada RAM jenis DDR4 kecepatan transfer maksimal yang dimiliki (tanpa over clock) yaitu sebesar 3200MT/s.

Disisi lain, teknologi DDR itu dalam satu kali siklus per detik dapat memproses 2 kali operasi data yang dilakukan. Itu artinya jika ada kecepatan transfer RAM sebesar 3200MT/s, maka nilai clock speed yang sebenarnya adalah 1600MHz, bukan 3200MHz seperti yang umumnya tertulis pada spesifikasi produk yang dijual. Adapun nilai tersebut dihasilkan dari 3200MT/s : 2 = 1600MHz.

Sehingga nilai Clock speed (MHz) yang seringkali kita lihat pada sebuah produk RAM yang dijual dipasaran itu sangat salah dan keliru, seharusnya penulisan yang paling tepat yaitu ditulis dengan cara seperti ini :

RAM 8GB DDR4 3200MT/s atau
RAM 8GB DDR4 1600MHz

Mengapa penulisan yang salah ini bisa terjadi? Hal ini mungkin karena orang-orang sudah terbiasa dengan cara penulisan pada teknologi RAM SDR yang sudah usang, dimana nilai dari MHZ merupakan satu kali dari kecepatan transfer SDR.

Sementara pada DDR maupun QDR tidak demikian, jumlah nilai sebenarnya dari clock speed adalah setengah dari kecepatan transfer DDR, dan seperempat dari kecepatan transfer QDR.




Nah bagaimana? Jadi sekarang seharusnya kita sudah tidak bingung lagi kan mengenai perbedaan antara Mega Hertz dan Mega transfer per second pada modul RAM ini.

Namun jika memang masih belum mengerti, mungkin anda bisa langsung bertanya tentang hal yang belum dimengerti itu pada kolom komentar yang ada di bawah.

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close