Mengenal Perbedaan Wabah Pandemi, Endemi dan Epidemi


Penyakit merupakan suatu kondisi dimana sebagian atau keseluruhan tubuh seseorang mengalami suatu gejala yang tidak semestinya. Gejala ini banyak sekali jenisnya dari mulai yang ringan, sedang, hingga berat dan bisa sangat mematikan.

Penyebab kemunculan suatu penyakit umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti karena adanya sebuah virus, bakteri, maupun kelainan sistem atau jaringan pada organ tubuh. Dimana dari setiap jenis penyakit yang ada tersebut beberapa diantaranya bisa menularkan dan ditularkan.

Nah jenis penyakit menular yang dapat menyerang dengan sangat cepat, serta dapat menjangkiti orang banyak dalam suatu wilayah tertentu maka hal itu sering dikenal dengan istilah Wabah.

Umumnya yang tergolong jenis wabah merupakan jenis penyakit baru atau penyakit lama yang kembali menjangkiti setelah beberapa lama.  Salah satunya yaitu seperti yang sedang melanda belakang ini yaitu wabah virus Corona atau dikenal juga dengan sebutan Covid-19.

Namun tidak sampai disini saja, karena wabah pun sebenarnya terbagi lagi kedalam beberapa kategori yaitu endemi, epidemi, dan pandemi. Ketiga hal ini merupakan istilah-istilah yang terdapat dalam Epidemiologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang suatu jenis penyebaran penyakit serta faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.

Lalu apa saja perbedaan diantara ketiganya? Untuk mengetahui hal tersebut maka langsung saja simak penjelasan berikut ini.


Perbedaan Jenis Wabah Penyakit dalam Bidang Kesehatan 


Pengertian Endemi

Endemi adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebutkan suatu penyebaran penyakit di suatu masyarakat dalam wilayah tertentu saja dan cenderung tidak menyebar ke wilayah lain.

Laju penyebaran endemi umum nya cenderung konstan dan dapat berulang di suatu daerah atau wilayah dengan berdasarkan kondisi tertentu.

Misalnya di daerah A terkenal dengan wilayah endemi yang sering dijangkiti oleh penyakit demam berdarah atau malaria. Daerah tersebut menjadi endemi karena salah satu faktornya yaitu pola hidup masyarakat sekitar yang tidak sehat, sehingga jika dibiarkan maka endemi tersebut bisa jadi akan berulang di waktu selanjutnya.

Adapun contoh kongkrit dari kasus endemi yaitu seperti di daerah nusa tenggara timur yang pernah mengalami Endemi demam berdarah dengue (DBD) pada tahun 2010 lalu. Contoh lain yaitu di negara Liberia yang pernah menjadi endemi wabah penyakit malaria.


Pengertian Epidemi

Epidemi adalah suatu penyebaran jenis penyakit yang proses menularkannya terjadi sangat cepat dan dalam waktu singkat di suatu wilayah tertentu. Wilayah penyebaran tersebut umumnya lebih luas yaitu bisa dalam tingkat negara maupun regional wilayah.

Bahkan jika suatu penyebaran penyakit sudah dalam tahap tertentu dan banyak menelan korban jiwa maka status epidemi ini bisa dikategorikan sebagai sebuah bencana nasional suatu negara.

Contoh kasus dari Epidemi yang pernah terjadi yaitu wabah black death yang pernah melanda sebagian wilayah di Eropa pada abad pertengahan lalu. Pada saat itu penyebaran wabah berlangsung sangat cepat dan telah menelan korban jiwa hampir dari sepertiga penduduk Eropa pada waktu itu.


Pengertian Pandemi

Pandemi dapat dikatakan hampir serupa dengan epidemi. Perbedaannya hanya ada pada ruang lingkup penyebaran penyakit yang lebih luas yaitu penyebaran dalam skala global.

Jadi bisa dibilang bahwa pandemi merupakan bagian dari epidemi yang meluas dan sudah merata penyebarannya sehingga menjangkiti beberapa negara di belahan dunia.

Sebagai suatu masalah dalam skala global, tentunya penyelesaian pandemi pun harus dilakukan secara bersama oleh seluruh negara tidak hanya sebatas negara yang terjangkit saja.

Dalam hal ini WHO sebagai induk kesehatan dunia memiliki peran yang sangat besar dalam mengkoordinasikan hal tersebut agar penyebaran penyakit tidak semakin meluas dan banyak menelan korban jiwa.


Beberapa contoh Kasus Pandemi yang Pernah Terjadi di Dunia

1. Wabah kolera yang pertama kali muncul di sekitar wilayah bengal (India) pada tahun 1800-an dan kemudian menyebar luas keseluruh dunia, hingga menjadi pandemi pada tahun 1900-an.

2. Wabah Asian Flu atau H2N2 yang terjadi tahun 1957. Pertama diidentifikasi kasus di Singapura dan lalu menyebar ke berbagai negara di beberapa benua lainnya dengan jumlah korban sekitar 1,1 juta orang yang meninggal.

3. Wabah flu babi atau H1N1 tahun 2009 dimana hanya dalam kurun waktu sekitar satu tahun saja telah terjadi kasus sebanyak 60,8 juta kasus dengan angka kematian mencapai 12.000 orang di negara Amerika serikat saja. Sedangkan total korban yaitu sekitar 150000 orang yang meninggal di seluruh dunia.


4. Terakhir yaitu wabah corona virus disease dikenal juga dengan covid-19. Kasus pertama diidentifikasi di kota Wuhan, provinsi hubei Tiongkok pada akhir tahun 2019, dan kemudian wabah ini dengan cepat menyebar keseluruh dunia.

Tercatat wabah ini telah menjangkiti di lebih dari 150 negara dengan jumlah kasus sekitar 180.000 kasus dan korban meninggal sekitar 7.000 orang lebih.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close