Istilah di Anime One Piece yang Harus Diketahui (SHP, Arc, dll)


Serial Manga dan Anime One Piece memang merupakan salah satu serial cerita petualangan yang terkenal memiliki banyak sekali episode maupun chapter. Hal ini bisa dibilang sangat wajar, mengingat serial satu ini memang sudah dibuat lebih dari 20 tahun, dan hingga saat inipun belum ada tanda-tanda jika seri anime dan manga ini akan berakhir.

Bagi para fans setia, hal itu mungkin akan lebih disukai. Namun di sisi lain, dengan banyaknya episode yang sudah muncul itu, terkadang membuat para fans terutama bagi yang memang baru mengikuti serial ini mungkin ada beberapa istilah yang belum diketahui oleh mereka.

Misalnya saja seperti istilah SHP, gorosei, meito, dsb. Dimana beberapa dari istilah tersebut mungkin ada yang belum tahu artinya.

Nah untuk itulah artikel ini sengaja dibuat, dengan tujuan agar semua oplovers dapat lebih tau mengenai semua istilah yang ada di dunia OP ini. Tentu dengan kita tau artinya, membuat kitapun akan lebih mudah untuk memafami alur cerita secara keseluruhan.

Dan untuk mengethaui apa saja istilah tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini. 


Daftar Istilah yang ada di Dunia One Piece


1. Arc

Arc one piece adalah pengelompokan alur film secara garis besar yang didasarkan pada potongan cerita yang memiliki keterkaitan topik dalam setiap seri atau episodenya.

Di serial OP arc umumnya dibagi berdasarkan tempat yang sedang dikunjungi dalam alur cerita. Contohnya saja, Arc Marineford, Arc Arabasta, Arc Skypiea, Arc Dressrosa, Arc Wano kuni, dsb.


2. Bounty

Bounty adalah nilai buronan yaitu harga yang diberikan kepada para penjahat (bajak laut) atau orang-orang yang dianggap berbahaya dan sedang dalam pencarian untuk ditangkap oleh pihak Marine.

Dalam dunia One Piece, harga bounty akan semakin tinggi, jika suatu kelompok bajaklaut atau orang tertentu dianggap dapat mengancam tatanan dari keberadaan Pemerintah Dunia (World Government).


3. Calm Belt

Calm belt adalah area melintang yang memisahkan antara wilayah grand line dan dunia baru (new world) dengan wilayah lautan lainnya (east blue, west blue, north blue, dan south blue).

Terdapat dua area calm belt yang berada dibagian utara dan selatan yang keduanya itu mengapit wilayah grand Line dan dunia Baru.

Di area calm belt tidak terdapat hembusan angin dan arus air, sehingga memungkinkan kapal laut yang masuk kesana akan terjebak dan tidak bisa bergerak sama sekali, kecuali kapal memiliki mesin penggerak sendiri seperti yang dimiliki oleh kapal marinir. Di area ini juga merupakan tempat tinggal dari sea kings.


4. Gorosei

Gorosei secara bahasa memiliki arti "Lima bintang tertua" adalah kumpulan 5 orang tua yang disinyalir merupakan pemimpin tertinggi di dunia OP.

Diketahui bahwa gorosei ini mempunyai wewenang dalam memerintah beberapa organisasi seperti Angkatan laut (Marine), Chiper Pol (CP) yaitu organisasi intelijen, dan Sichibukai.

Hingga saat ini, kekuatan bertempur mereka belum pernah diperlihatkan sejauh sama sekali, sehingga belum bisa dipastikan apakah mereka benar-benar memiliki kemampuan hebat dalam bertarung atau tidak.


5. Haki

Haki dalam one piece adalah sumber kekuatan yang berupa ambisi dan semangat juang yang bisa muncul dari dalam tubuh setiap orang di serial OP. Setidaknya terdapat 3 jenis Haki yang bisa dipelajari.

  • Busoshoku Haki (Haki Armor), yang membuat tubuh dari penggunanya dapat menjadi lebih kuat dan keras layaknya baju besi atau jirah, sehingga dapat tahan terhadap serangan senjata biasa. Selain itu, orang yang memiliki haki busoshoku ini dapat memukul langsung pengguna buah iblis Logia dengan mudah.
  • Kenbunshoku Haki (haki pengamatan), yang membuat penggunannya dapat memprediksi sedikit masa depan, sehingga bisa digunakan untuk menghindari dari serangan lawan.
  • Haoshoku Haki (Haki raja/penakluk), yang bisa digunakan untuk mengintimidasi lawan, sehingga mental bertanding lawan menjadi turun dan ketakutan. Haki jenis ini tidak bisa dipelajari, melainkan hanya dimiliki oleh orang spesial saja.

6. Meito

Meito adalah tingkatan status dari jenis pedang legendaris yang dibuat khusus dan memiliki kekuatan yang yang besar.

Di serial OP, meito terbagi kedalam 4 kategori yaitu Saijo O Wazamono (12 pedang legendaris dengan kualitas paling tinggi), O Wazamono (21 pedang legendaris dengan kualitas tinggi), Ryo Wazamono (50 pedang kelas terampil), Wazamono (pedang tajam berkualitas dan jumlahnya sangat banyak).


7. Nakama

Nakama secara bahasa bisa diartikan sebagai teman atau kawan. Dalam konteks serial anime dan manga OP, nakama adalah orang yang ikut berpetualang secara langsung dalam pelayaran untuk menemukan one piece yang diakukan oleh Luffy sebagai karakter utama. Istilah lain sering juga disebut dengan kru kapal (crew).


8. Okama

Okama dalam serial OP adalah orang yang memegang teguh prinsip okama-way yaitu seorang pria yang memiliki tingkah laku gemulai layaknya seorang wanita. Bisa dibilang juga sebagai waria (banci).


9. Ouka Shicibukai

Oka Shicibukai secara bahasa memiliki arti 7 Ksatria dari LautanShicibukai adalah sekelompok bajak laut yang telah bersekutu dan diakui keberadaanya oleh Pemerintah Dunia (World Government, WG), sehingga mereka tidak akan ditangkap oleh Marine.

Sebagai gantinya, kekuatan armada bajak laut mereka boleh dimanfaatkan untuk membantu kepentingan WG ataupun Marine ketika memang dibutuhkan.


10. Poneglyph

Poneglyph adalah batu prasasti dengan bentuk kotak berukuran besar yang misterius dan memiliki tulisan kuno di dalamnya.

Satu-satunya orang yang dapat membacanya saat ini yaitu hanyalah Nico Robin crew dari SHP.

Terdapat 3 jenis poneglyph yang bisa ditemukan, pertama yaitu poneglyph yang berisi tulisan kuno yang menceritakan sejarah dari abad kekosongan.

Kedua poneglyph yang menunjukkan tentang keberadaan poneglyph lain, dan ketiga yaitu jenis road poneglyph yang menunjukkan mengenai keberadaa raftel sebagai pulau terakhir yang diperkirakan menyimpan harta karun one piece.


11. SBS

SBS sebenarnya merupan Singkatan dari Shitsumon o Boshū Suru (namun orang Indonesia sering mengartikannya sebagai Silahkan Bertanya Sepuasnya), adalah sebuah forum yang dibuat bagi para fans di seluruh dunia untuk bertanya apapun seputar One Piece kepada Eiichiro Oda.

Dan nantinya bagi orang yang beruntung, pertanyaan itu akan dijawab langsung oleh Oda sendiri selaku pencipta dari Manga One Piece.


12. Sea Kings

Seakings adalah monster laut yang memiliki ukuran sangat besar jika dibandingkan dengan ikan laut maupun mahluk hidup lainnya di dunia OP.

Mahluk besar ini sering disebut sebagai sang penguasa lautan karena kekuatan serta posisinya yang berada di puncak rantai makanan.

Sea Kings juga hidup di area sekitar calm belt yang memiliki arus tenang dan juga suhu yang hangat, sehingga cocok dijadikan untuk tempat tinggal mereka.


13. SHP

SHP adalah sebutan yang ditunjukkan kepada kelompok bajak laut Topi Jerami yaitu Monkey D Luffy dan kawan-kawannya.

SHP sendiri sebenarnya singkatan dari Straw Hat Pirate, yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka akan memiliki arti Bajak Laut Topi Jerami.


14. Tenryuubito

Tenruubito secara bahasa memiliki arti "Kaum Naga Langit" atau dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai "Celestial Dragon", adalah kelompok bangsawan dunia di serial OP yang memiliki kekuasaan sangat besar.

Tenryuubito merupakan pendiri dari organisasi Pemerintahan Dunia atau World Government (WG) dan mereka terkenal memiliki sifat angkuh dan juga kejam. 

Namun begitu, ada diantara mereka yang memiliki sifat baik yaitu seperti Donquixote Mjosgard dan Donquixote Homing (ayah dari Doflamingo dan Rosinante).


15. Yonkou

Yonko secara bahasa memiliki arti "4 kaisar lautan", adalah gelar yang diberikan kepada kapten bajak laut yang terkenal dan memiliki pengaruh yang sangat kuat di serial OP.

Gelar ini hanya diberikan kepada 4 orang saja yang dianggap memiliki kekuatan yang begitu sangat besar dan umumnya juga memiliki armada (termasuk aliansi bajak laut) yang besar pula.




Nah itulah beberapa daftar istilah yang perlu diketahui dan mungkin akan sering kita dengar saat kita menonton serial film maupun manga One Piece.

Sebenarnya masih banyak istilah lain yang belum dimasukkan dalam artikel ini, karena memang adanya keterbatasan. Namun jika memang ada kesempatan lagi, di lain waktu mungkin akan saya coba untuk buatkan bagian part keduanya.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close