Cara Membuat Baterai Laptop Lenovo Tidak Cepat Rusak

Baterai dari suatu perangkat elektronik boleh dikatakan memang sangat krusial sekali keberadaannya. Ini bisa disebabkan karena baterai merupakan salah satu sumber utama agar suatu perangkat elektronik, terkhusus jenis portabel seperti smartphone maupun laptop dapat menyala.

Tanpa baterai maka suatu laptop akan lebih repot saat kita bawa ke luar ruangan, karena harus selalu dicolok langsung ke arus listrik. Dan hal itu tentu akan menjadi sangat merepotkan bila sudah terjadi.

Meskipun sudah semakin modern, nyatanya permasalahan baterai ini selalu menjadi isu yang berkembang setiap tahunnya. Banyak produsen yang terus berlomba-lomba untuk bisa membuat baterai agar lebih tahan lama, ringkas, dan juga awet digunakan meski telah di cas berulang kali.

Namun hingga saat ini, isu-isu soal baterai itu nampaknya akan terus selalu ada.

Hingga pada akhirnya, produsen laptop kemudian lebih memilih untuk mencari solusi lain agar suatu baterai bisa lebih awet, yaitu dengan cara mengatur dan membatasi daya dari baterai yang masuk saat melakukan proses charging.

Hal ini dianggap lebih efektif untuk menambah masa pakai dan juga umur pemakaian dari battery.

Nah salah satunya yaitu brand Lenovo, dimana pabrikan satu ini memiliki cara dalam menangani agar suatu baterai dapat dipakai lebih awet dan tidak cepat ngedrop.

Cara ini diberi nama degan istilah Conservation Mode, yaitu cara yang dilakukan dengan metode pengisian daya baterai maksimal yang dibatasi dari kapasitas maksimal baterai. Cara inipun dianggap ampuh dan efektif dalam memperpanjang usia baterai agar tahan untuk dilakukan pengisian ulang berkali-kali.

Jadi bagi teman-teman pengguna laptop lenovo, dan jika ingin membuat baterai tidak cepat rusak atau ngedrop, maka disarankan untuk bisa memanfaatkan trik sederhana ini. Dan untuk mengetahui caranya maka langsung saja kita simak ulasan berikut.


Cara Menyetel Pengisian Baterai Laptop Lenovo agar Tidak Cepat Rusak

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke program software bernama Lenovo Vantage. Kita bisa menemukannya di menu "Start" atau bisa juga dengan langsung menekan tombol "Insert" pada keyboard, jika kita menggunakan versi laptop keluaran terbaru.


2. Jika sudah terbuka program software tersebut, lalu kita pilih menu "Device" > lalu pilih menu "Power".


3. Selanjutnya kita buka atau expand menu "Battery warranty & settings".


4. Jika sudah maka langkah terakhir kita aktifkan menu bernama "Conservation Mode" dengan cara menggeser bilah tombol yang ada dibagian sebelah kanan menu tersebut hingga berubah warna menjadi hijau.


Dengan menjalankan langkah ini, maka pengisian daya baterai pada perangkat laptop maksimal hanya akan dicas hingga diangka 60% saja. Dan itu dianggap cukup efektif untuk bisa menambah atau memperpanjang usia dari baterai.

Apalagi jika kita lebih sering menggunakan laptop dengan cara mencolokkan langsung ke aliran listrik, maka cara ini tentu sangat disarankan sekali.

Namun, disisi lain cara inipun memiliki kekurangan, yaitu dapat mempersingkat waktu kita dalam menggunakan perangkat laptop, terutama setelah terputus dari sumber listrik dan hanya memanfaatkan penggunaan daya dari beterai saja.

Selain fitur tersebut, sebenarnya kita juga masih bisa memanfaatkan fitur lain yang masih berhubungan dengan baterai, yaitu seperti fitur rapid charge yang berfungsi untuk memungkinkan kita mengisi daya baterai hingga penuh dalam waktu relatif lebih cepat dari biasanya guna mempersingkat waktu pengecasan.

Hal ini tentu sangat membantu sekali apalagi jika kita berada dalam situasi yang terburu-buru saat ingin mengecharge gadget.

Baca Juga : Cara Melihat Kapasitas TBW dan Sisa Umur TBW SSD

Demikianlah artikel kita kali ini tentang cara memperpanjang umur baterai dari laptop lenovo. Semoga aertikel ini dapat bermanfaat. Dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti, maka bisa langsung disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan dibagian bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close