Tips Menghilangkan Jamur Pada Body Mobil dengan Mudah


Sebagai penunjang kegiatan dalam menjalankan aktivitas, sebuah mobil memang akan sangat penting sekali keberadaannya apalagi bagi kita yang memiliki rutinitas pergi pulang kantor setiap hari dengan menempuh jarak yang cukup jauh.

Panas terik serta guyuran hujan mungkin akan dirasakan ketika kita sedang berkendara di jalanan menggunakan kendaraan pribadi tersebut.

Nah seiring berjalannya waktu dengan berbagai macam kondisi serta cuaca yang telah dihadapi tersebut, maka jangan heran jika pada mobil bisa ditemukan bercak-bercak berwarna putih terutama pada bagian body.

Hal tersebut bukan merupakan kerusakan pada cat mobil melainkan mengindikasikan bahwa terdapat jamur yang mungkin muncul pada kendaraan.

Hal ini biasa disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling sering yaitu karena kurangnya perawatan terhadap mobil, seperti jarang dicuci setelah melewati hujan maupun ketika sudah melewati genangan banjir.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur muncul jamur tersebut pada kendaraan?

Jika sudah terjadi, maka satu-satunya cara yang harus dilakukan yaitu dengan menghilangkan jamur-jamur tersebut. Sebab selain dapat merusak keindahan dari tampilan mobil, jika hanya dibiarkan saja maka hal itu akan berdampak lebih luas dengan rusak atau mengelupasnya warna dari cat mobil.

Saat ini sebenarnya sudah banyak produk yang dibuat khusus untuk mengatasi bercak jamur tersebut. Namun bagi sebagian orang yang ingin lebih hemat dan juga lebih praktis, maka terdapat cara yang dapat digunakan dengan hanya memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang biasa ditemukan di rumah.

Nah apa saja itu? Untuk mengetahuinya maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Bahan serta Cara Mudah untuk Membersihkan Noda Jamur Pada Body Mobil

1. Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian seperti namanya tentu biasa digunakan untuk menghilangkan noda dan memutihkan kembali pakaian yang sudah kucel. Namun dengan kandungan kimia yang berfungsi sebagai pembersih itu, sebenarnya pemutih pakaian juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi jamur pada body kendaraan.

Caranya yaitu cukup dengan celupkan sehelai kain yang lembut kedalam cairan pemutih. Setelah itu lalu langsung saja kita usap kain tersebut ke bagian body yang terdapat bercak-bercak putih.

Jika dianggap sudah bersihkan semuanya, terakhir lalu kita siram untuk membilasnya agar lebih kinclong kembali.


2. Pasta Gigi

Selain murah pasta gigi juga merupakan salah satu bahan yang pastinya banyak ditemukan di rumah, karena benda satu ini memang biasa digunakan sehari-hari. Kandungan zat pada pasta gigi dianggap mampu untuk menghilangkan noda jamur pada mobil.

Pertama kita pastikan terlebih dahulu bahwa mobil dalam keadaan tidak basah alias kering. Setelah itu lalu langsung saja kita oleskan pasta gigi dibagian yang terdapat jamur secara merata.

Jika sudah terolesi semua, terakhir kita lap secara perlahan menggunakan kain lembut yang sebelumnya telah dibasahi oleh air. Ingat jangan terlalu keras saat mengusap, karena pada pasta gigi biasanya terdapat partikel-partikel kecil yang mungkin saja bisa merusak part mobil bila dilakukan secara tidak hati-hati.


3. Minuman Berkarbonasi

Selain dapat menghilangkan rasa dahaga saat kita sedang kehausan, minuman berkarbonasi alias minuman dengan mengandung soda ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda-noda jamur di body kendaraan.

Caranya yaitu kita bersihkan dulu bagian mobil yang terdapat bercak-bercak jamur tersebut dengan menggunakan lap kering.

Setelah itu siapkan lap kering baru, lalu basahi dengan air bersoda tadi. Selanjutnya usap bagian yang terdapat jamur dengan menggunakan lap kering beberapa kali hingga kotoran tersebut benar-benar menghilang.


4. Alkohol

Alkohol murni dengan kandungan cukup tinggi yang biasa ditemukan di rumah, biasanya digunakan hanya untuk membantu membersihkan luka pada saat kita mengalami kecelakaan seperti terjatuh, dsb.

Nah daripada alkohol ini mubazir karena tidak sering terpakai. Maka tidak ada salahnya jika kita memakai bahan ini untuk membersihkan mobil dari berbagai macam kotoran.

Adapun caranya yaitu pertama dengan menyiapkan kain bersih yang lembut. Setelah itu alkohol dengan kandungan diatas 50 persen kita kocok terlebih dahulu.

Jika sudah lalu tuangkan pada lap yang telah disiapkan sebelumnya. Langkah terakhir langsung saja kita usapkan lap tersebut pada bagian mobil yang berjamur.


5. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan pada saat kita memasak. Selain untuk memperkaya cita rasa makanan, ternyata bahan satu inipun bisa juga dijadikan sebagai alat pembersih jamur yang terbentuk di mobil.

Zat asam yang terkandung dalam cuka apel itulah yang disinyalir dapat merontokkan berbagai macam kotoran yang menempel pada kendaraan. Adapun caranya, yaitu pertama kita siapkan air bersih kurang lebih sekitar 1 liter.

Setelah itu, masukkan tiga sendok makan (sdm) cuka apel kedalam air yang sudah disiapkan tersebut. Jika sudah lalu basahi kain lembut dengan menggunakan campuran air tadi.

Selanjutnya langsung saja kita usap bagian mobil yang banyak bercak jamur dengan lap kain tersebut secara perlahan dengan gerakkan memutar. Terakhir bersihkan sisa-sisa kotoran yang telah terkelupas dengan menggunakan kain yang bersih dan agak sedikit basah.




Bagaimana mudah dan sangat praktis bukan? Dengan melakukan cara ini dijamin bercak jamur pun dapat langsung hilang tanpa perlu pergi ke bengkel mobil lagi. Selain itu cara ini pun relatif mudah dipraktekkan karena bahan yang digunakan cenderung banyak ditemukan di dalam rumah kita. 

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara mengatasi noda jamur dibagian body mobil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close