Inilah Jenis Helm Proyek, Beda Warna Ternyata Beda Fungsi

Perlengkapan keamanan diri dalam suatu pekerjaan memang terkadang dibutuhkan. Apalagi bagi beberapa profesi tertentu, hal tersebut bahkan ada yang sampai diwajibkan. Salah satunya yaitu profesi dari seorang pekerja proyek konstruksi.

Kita tahu bahwa jenis profesi satu ini seringkali mengharuskan para pekerjanya untuk menjalankan berbagai mesin peralatan berat yang sangat berbahaya.

Selain itu para pekerja pun selalu dihadapkan dikondisi outdoor maupun indoor dimana banyak bermacam pekerjaan berisiko yang harus dilakukan, seperti naik-turun pada kontruksi tinggi, mengebor hingga kedalaman dibawah permukaan tanah, dan kondisi lainnya yang sangat beresiko.

Oleh karena itu, pengadaan dan penggunaan dari perlengkapan keamanan atau yang biasa juga disebut dengan Alat perlindungan diri (APD) ini sangat mutlak diperlukan.

Tentu pengadaan alat-alat tersebut tidak hanya asal ada saja, melainkan harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan berdasarkan peraturan pemerintah. Hal ini bertujuan agar para pekerja dapat benar-benar terlindungi dengan aman.

Perlengkapan berupa APD yang sering digunakan oleh para pekerja proyek konstruksi inipun banyak sekali jenisnya. Di mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki semua bagian dari tubuh sudah terlindungi dengan alat pelindungnya masing-masing.

Seperti contoh yaitu helm pelindung proyek, masker, kacamata, rompi, sarung tangan, body harness, sepatu dan jenis peralatan perlengkapan lainnya. Selain itu kesemua alat safety tersebut tentu sudah didesain khusus agar sesuai dengan kebutuhan para pekerja proyek, sehingga tidak bisa sembarang dalam membelinya.

Adapun salah satu perlengkapan APD yang akan dibahas pada kesempatan kali ini yaitu tentang helm proyek, salah satu dari jenis APD yang memang difungsikan di bagian atas kepala para pekerja konstruksi.

Secara umum jenis helm proyek biasanya terbuat dari bahan plastik yang dibagian dalam telah dilapisi dengan sejenis kain. Bentuknya pun cukup minimalis dengan menyerupai bentuk setengah lingkaran. Namun meskipun begitu helm proyek memiliki kekuatan yang cukup baik dalam menghalau setiap benda-benda jatuh dari bagian atas.

Tidak hanya itu saja, ternyata helm proyek pun memiliki berbagai macam tipe yang dapat dibedakan berdasarkan warna pada helmnya. Sehingga beda warna maka akan berbeda pula fungsi kegunaannya, meskipun bahan atau material yang digunakan tergolong masih sama.

Nah maka dari itu, untuk mengetahui apa saja jenis warna yang terdapat pada helm proyek, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Jenis-jenis Helm Proyek Berdasarkan Warna yang Digunakan

1. Helm Kuning

Helm proyek dengan warna kuning merupakan jenis helm proyek yang paling banyak dijumpai. Tipe ini biasanya dipakai oleh pekerja buruh biasa, pekerja operator alat berat, maupun pekerja sub kontraktor.

Selain itu warnanya yang mencolok membuat para pekerja pun dapat terlihat dengan mudah terutama bagi orang yang berada di atasnya.


2. Helm Biru

Kedua tipe helm dengan warna biru biasa digunakan oleh mereka yang bekerja di bagian kelistrikan, operator teknis, pengawas sementara, hingga jabatan dengan tingkatan supervisor.

Namun tidak hanya itu saja, helm warna inipun terkadang di beberapa perusahaan biasa digunakan oleh pekerja di bagian operator alat berat.


3. Helm Merah

Selanjutnya ada jenis helm dengan warna merah, merupakan jenis helm yang biasa digunakan oleh para pekerja di bagian safety officer, yaitu orang-orang yang bertugas dalam mengawasi para pekerja proyek agar selalu menjalankan prinsip disiplin Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Sehingga tugas mereka ini secara umum bertanggung jawab pada semua aspek yang berhubungan dengan keselamatan kerja.


4. Helm Putih

Jenis helm satu ini khusus digunakan bagi mereka yang memiliki sebuah jabatan tinggi di suatu proyek yang sedang berjalan.

Adapun beberapa jenis jabatan yang tergolong tinggi itu seperti posisi mandor proyek, insinyur, pengawas, manajer, dan juga jabatan tinggi lainnya. Bahkan jabatan tinggi seperti dewan direksi pun bisa menggunakan helm warna putih ini.


5. Helm Hijau

Helm berwarna hijau merupakan jenis helm yang biasa digunakan oleh para petugas kebersihan yang bertanggung jawab untuk membersihkan lingkungan disekitar area proyek yang sedang berjalan.


6. Helm Orange

Terakhir ada jenis helm dengan warna orange. Berbeda dengan jenis-jenis helm sebelumnya tipe ini tidak digunakan oleh para pekerja proyek.

Lalu dipakai untuk siapa? Jadi singkatnya helm warna oranye ini hanya digunakan oleh mereka para pengunjung atau tamu khusus yang datang untuk melihat perkembangan dari suatu proyek konstruksi.

Sehingga meskipun hanya sebagai tamu, namun mereka tentu memiliki hak yang sama dalam mendapatkan perlindungan keamanan dan keselamatan kerja selama berada di area proyek.




Bagaimana pastinya sekarang sudah tahu kan perbedaan helm proyek berdasarkan jenis warnanya?

Jadi jika kita pergi mengunjungi suatu proyek pekerjaan konstruksi, seharusnya kita tidak bingung lagi dan mungkin sudah bisa menebak kira-kira posisi apa saja yang dimiliki oleh para pekerja dengan hanya melihat dari penggunaan pelindung helm saja.

Demikianlah artikel kali ini tentang macam-macam warna helm proyek dan juga fungsinya. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close