Cara Mengubah File PDF Menjadi File Microsoft Word


Dokumen dengan jenis penyimpanan file PDF merupakan salah satu jenis file dokumen yang disukai oleh banyak orang. Alasannya, karena cara pakai yang dapat dibilang cukup mudah dan praktis sehingga membuat banyak orang kemudian memilih untuk menggunakan jenis file tersebut.

Ibarat sebuah buku, file PDF ini tidak dapat di ubah maupun diedit isinya secara sembarangan, hal itulah yang kemudian membuat banyak orang menggunakan file jenis ini.

Apalagi jika memang ingin membagikan sebuah hasil karya tulis seperti e-book melalui internet, maka cara ini akan dianggap lebih aman dibandingkan jenis format file yang lain.

Namun dengan segala kelebihannya tersebut, terkadang masih ada orang-orang yang ingin mengubah file PDF ke dalam jenis file tertentu misalnya saja file Ms. Word.

Hal itu mungkin saja dilakukan karena beberapa alasan, seperti misalnya ingin menulis ulang sebuah tulisan dari suatu file PDF atau hanya ingin membaca file PDF tersebut menggunakan Microsoft Word karena dianggap lebih nyaman.

Untuk itu pada artikel kali ini, kita akan mencoba membahas tentang cara mengubah file PDF menjadi file Ms. Word.

Dan untuk mengetahui bagaimana caranya, langsung saja kita ikuti langkah-langkah berikut.


Cara Mengubah File PDF Menjadi File Microsoft Word


A. Menggunakan Program Microsoft Word

Dapat dikatakan cara ini merupakan cara yang paling praktis, karena kita hanya perlu memanfaatkan fitur yang ada di dalam program Microsoft word itu sendiri.


1. Langkah pertama yaitu buka lembar kerja baru di program Microsoft Word.


2. Stelah itu, Pilih File > Open > Computer > lalu cari file PDF yang ingin kita ubah.

3. Setelah memilih file PDF tersebut biasanya akan muncul notifikasi, kita tekan OK saja.


4. Tunggu beberapa saat, maka secara otomatis file PDF pun akan berubah menjadi file Ms. Word, dan selanjutnya kita hanya perlu menyimpan file yang telah diubah tersebut.

Namun kekurangan dari cara ini yaitu file yang ingin diconvert tersebut, hanya dapat dilakukan dengan menggunakan program Ms. Word versi 2013 keatas saja. Jadi jika kita menggunakan versi yang dibawahnya kemungkinan tidak akan bisa.


B. Menggunakan Aplikasi UniPDF

Cara yang kedua ini kita harus melakukannya dengan mendownload sebuah aplikasi bernama UniPDF. Untuk download aplikasi UniPDF kita dapat langsung mengunjungi website resminya di unipdf.com


1. Setelah proses instal selesai selanjutnya kita buka aplikasi tersebut. Lalu untuk menambahkan file PDF yang ingin diubah kita dapat melakukannya dengan cara memilih "add" > kemudian mencari dokumen yang ingin kita ubah tadi atau jika ingin lebih praktis kita juga dapat langsung memasukkan file PDF dengan cara menyeret (drag) file tersebut.


2. Selanjutnya jangan lupa untuk menyesuaikan output format dengan memilih opsi word.


3. Jika sudah, lalu pada menu setting kita bisa ikuti seperti gambar berikut.


4. Selanjutnya langsung saja kita tekan tombol save. Lalu langkah terakhir yaitu kita pilih convert dan tunggu proses hingga selesai.

Adapun kekurangan dari cara ini yaitu file yang dapat kita convert maksimal hanya 3 halaman saja, jadi jika kita ingin penggunaan yang lebih maksimal, direkomendasikan untuk membeli versi berbayarnya.




Demikianlah artikel tentang 2 Cara Mudah Mengubah File PDF Menjadi File Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai bertemu kembali di artikel kita selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close