Cara Pasang Google Authenticator di PC Komputer dan Contohnya pada Akun Indodax


Google Authenticator merupakan salah satu produk yang dibuat oleh google untuk membuat keamanan ekstra pada suatu akun. Caranya dengan melakukan verifikasi dua langkah yaitu selain kita memasukkan password saat kita log in di suatu akun tertentu kita juga diharuskan untuk memasukkan kode Google Authenticator.

Langkah ini tentu bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir tindak pencurian data yang dapat dilakukan oleh hacker. Terlebih jika akun yang kita miliki tersebut merupakan akun penting yang berhubungan dengan keuangan kita, misalnya saja akun indodax 

Kita tahu bahwa Indodax merupakan sebuah website yang menyediakan tempat untuk melakukan transaksi jual-beli Bitcoin. Sudah tentu didalamnya terdapat orang-orang yang memiliki dana investasi di akun tersebut.

Dan banyak pula dari trader di Indodax ini memiliki aset yang tidak sedikit, sehingga tentu faktor keamanan merupakan sebuah kewajiban yang harus diterapkan dan menjadi prioritas utama bagi para trader di Indodax, maka untuk itulah pemasangan Google Authenticator adalah salah satu solusinya.

Baca Juga : Cara Memasang Google Authenticator pada akun Indodax

Google Authenticator sendiri umumnya dapat kita pasangkan pada gadget seperti smartphone, namun tidak menutup kemungkinan untuk memasangnya pada perangkat PC Komputer.

Maka dari itu pada kesempatan ini kita akan memberikan tutorial bagaimana cara memasang Google Authenticator pada PC Komputer guna mengamankan akun Indodax.


Cara Memasang Google Authenticator di PC Komputer

1. Langkah pertma kita Klik simbol tiga titik di pojok kanan atas browser (disini kita menggunakan browser Google Chrome) > Pilih fitur Lainnya > kemudian pilih Ekstensi.



2. Selanjutnya Klik tiga garis di pojok kiri atas > lalu pilih menu buka chrome webstore.



3. Setelah itu langsung saja ketik tulisan Otentikator pada kolom pencarian yang tersedia.



4. Lalu pilih tambahkan ke chrome > kemudian pilih tambahkan ekstensi. Setelah itu, maka otomatis ekstensi akan terpasang dan berada di pojok kanan atas (simbol berbentuk huruf G).



Hingga langkah diatas, maka proses memasang fitru GA di browser perangakt PC komputer pun telah selesai dilakukan.

Langkah setelah ini yaitu memasangnya di aplikasi yang kita perlukan. Pada kesempatan kali ini, kita akan memberikan contoh dengan memasang atau mengintegrasikan dengan akun Indodax.


Cara Pasang Google Authenticator PC di Aplikasi Indodax

1. Pertama kita Log In di akun Indodax > kemudian pilih Menu yang ada di pojok kanan atas > pilih Keamanan > pilih klik disini.



2. Selanjutnya klik ekstensi Otentikator yang telah ditambahkan tadi > pilih pindai kode QR > blok kode QR di akun Indodax (atau akun lainnya yang anda ingin pasang Google Authenticator) hingga muncul tulisan indodax telah ditambahkan.



Catatan : Jika tidak bisa menambahkan kode QR dengan cara diatas, kita masih bisa melakukannya secara manual yaitu dengan pilih menu "ubah" dengan gambar seperti pensil disebelah kanan atas > pilih simbol "+" > pilih entri manual > Isi kolom "nama akun" bebas terserah anda > isi kolom "rahasia" dengan kode QR di akun Indodax atau akun lainnya yang ingin anda pasang google authenticator > lalu pilih OK.



3. Masukkan enam digit angka yang muncul di ekstensi otentikator kedalam kolom di akun Indodax > lalu pilih "simpan"



4. Masukkan kode yang dikirim melalui sms di ponsel dan klik submit, jika berhasil maka akan muncul notifikasi Google Authenticator telah berhasil dipasang.



Dengan pemasangan Google Authenticator di akun Indodax, maka setiap kali kita log out dan akan kembali log ini kita diharuskan untuk memasukkan kode Google Authenticator ini.

Selain di akun Indodax, sebenarnya cara ini juga dapat digunakan di akun-akun lainnya yang juga memiliki sistem keamanan Google Authenticator, meskipun mungkin saja ada sedikit perbedaan khususnya pada tahapan-tahapan ketika kita log in dengan akun yang berbeda.




Demikian tutorial tentang cara memasang google authenticator di PC Komputer. Semoga tutorial ini bermanfaat dan samapi jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih

3 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close