Pengertian Birokrasi Menurut beberapa Ahli


Secara Etimologis, birokrasi berasal dari kata biro (bureau) yang berarti kantor atau dinas, sedangkan krasi berasal dari kata Cracy atau Kratie yang berarti pemerintahan.

Dengan melihat pemenggalan kata itu, maka birokrasi bisa diartikan secara bahasa yaitu dinas pemerintahan. Namun untuk mengetahui lebih jelas mengenai istilah tersebut lebih mendalam, maka kita dapat memahaminya langsung dengan melihat penjelasan berikut ini. 


Penjelasan dan Arti Birokrasi Menurut Pandangan Para Ahli 


1. Bintoro Tjokroamidjojo (1984)

Kata birokrasi dimaksudkan untuk mengorganisir secara teratur suatu pekerjaan yang harus dilakukan oleh banyak orang.

Dengan demikian, tujuan sebenarnya dari birokrasi adalah agar suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan terorganisir.

Bagaimana suatu pekerjaan yang banyak jumlahnya harus diselesaikan oleh banyak orang, sehingga tidak terjadi tumpang tindih di dalam penyelesaiannya, itulah yang sebenarnya menjadi tugas birokrasi.


2. Blau & Page (1956)

Kedua ahli tersebut telah mengemukakan bahwa birokrasi sebagai tipe dari suatu organisasi yang dimaksudkan untuk mencapai tugas-tugas administratif yang besar dengan cara mengkoordinir secara sistematis (teratur) pekerjaan dari banyak orang.

Jadi, birokrasi justru untuk melaksanakan prinsip-prinsip organisasi yang ditunjukan untuk meningkatkan efisiensi administratif, meskipun kadangkala di dalam pelaksanaannya birokratisasi seringkali mengakibatkan adanya ketidakefisienan.


3. Menurut Ismani

Dengan mengutip pendapat dari Mourelis, Ismani (2001) mengemukakan bahwa dalam birokrasi terdapat aturan-aturan yang rasional, struktur organisasi dan proses berdasarkan pengetahuan teknis (prosedur) dan dengan efisiensi dan setinggi-tingginya.


4. Menurut Fritz Morstein Marx

Telah dikemukakan bahwa birokrasi adalah tipe organisasi yang dipergunakan pemerintahan modern untuk pelaksanaan berbagai tugas-tugas yang bersifat spesialisasi, dilaksanakan dalam sistem administrasi yang khususnya oleh aparatur pemerintahan.


5. Menurut Riant Nugroho Dwijowijoto

Dengan mengutip Blau & Meyer, Dwijowojoto (2004) menjelaskan bahwa birokrasi adalah suatu lembaga yang sangat kuat dengan kemampuan untuk meningkatkan kapasitas-kapasitas potensial terhadap hal-hal yang baik maupun buruk dalam keberadaannya sebagai instrumen administrasi rasional yang netral pada skala yang besar.


Simpulan

Berdasarkan uraian-uraiam tersebut di atas, dapat dirumuskan bahwa birokrasi adalah suatu prosedur yang efektif dan efisien yang didasari oleh teori dan aturan yang berlaku serta memiliki spesialisasi menurut tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi atau institusi. Birokrasi terdiri dari beberapa struktur atau sub-sistem, yaitu :
  • Pemerintah,
  • Organisasi/Instansi,
  • Rakyat,
  • Peraturan Perundang-undangan, dan
  • Lembaga lainnya.
Demikianlah artikel tentang Pengertian Birokrasi Menurut beberapa Ahli. Semoga  artikel ini dapat bermanfaat. Sampai jumpa


Sumber :
Memahami Ilmu Politik (Ramlan Surbakti)
Sistem Politik Indonesia (A. Rahman H.I)

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close