Konsep Trimurti dalam Kepercayaan Agama Hindu


Apa itu konsep trimurti? Mungkin inilah salah satu kata atau istilah yang akan sering ditemui, jika kita belajar atau membaca mengenai konsep ajaran dari agama hindu. 

Secara sederhana, Trimurti adalah suatu konsep yang menjelaskan tentang tiga Brahman yaitu sebutan bagi Tuhan atau Dewa dari umat agama Hindu.

Dimana para Brahman tersebut, masing-masing memiliki tugas yang berbeda-beda, yaitu ada yang berwenang sebagai sang pencipta, sang pemelihara dan juga sang penghancur.

Adapun secara lebih rinci ketiga Dewa yang dimaksud dalam konsep ajaran hindu, yaitu sebagai berikut. 


1. Brahma

Dewa Brahma Menurut ajaran agama Hindu yang dipandang sebagai salah satu Brahman (sebutan Tuhan dalam konsep Hinduisme), yang bergelar sabagai Dewa Pencipta.

Dewa Brahma juga dijuluki sebagai Dewa Pengetahuan dan Kebijaksanaan. Perwujudan yang dimiliki Dewa Brahma yaitu bermuka empat, dimana setiap muka menunjuk pada arah mata angin, memiliki empat tangan, menunggangi angsa atau duduk diatas teratai.

Dewa Brahma

Dewa Brahma diyakini memiliki siklus hidup yaitu sekitar 100 tahun kalpa dimana 1 kalpa adalah 3.110.400.000.000 tahun.


2. Wisnu

Dalam ajaran Hindu, Dewa Wisnu bergelar sebagai shtiti atau Dewa Pemelihara yang melindungi segala sesuatu yang sudah diciptakan oleh Brahman.

Dewa Wisnu memiliki perwujudan yaitu bertangan empat sama halnya seperti Dewa Brahma, memiliki warna kulit yang kebiruan bahkan cenderung biru gelap, memakai mahkota dan memakai sepasang giwang.

Dewa Wisnu

Dewa Wisnu juga selalu membawa empat benda yaitu terompet kulit kerang (panchajanya), cakram (sudharsana), gada (komodaki), dan bunga lotus.


3. Siwa

Terakhir yaitu Dewa Siwa yang juga merupakan salah satu dari Trimurti. Dewa Siwa bertugas sebagai penghancur atau pelebur alam semesta dan isinya.

Dewa Siwa bertugas melebur segala sesuatu yang sudah usang dan tak layak di dunia fana lagi sehingga segala sesuatu itu harus di kembalikan ke  tempat asalnya.

Perwujudan Dewa Siwa yaitu bermata tiga (trinetra), terdapat hiasan pada kepalanya yang berbentuk bulan sabit, memakai ikat pinggang dari kulit harimau dan terdapat ular kobra yang melilit di lehernya.

Dewa Siwa

Para Dewa Hindu memiliki simbol yaitu berupa huruf. Jika dilihat dari simbol hurufnya itu, maka ketiga dewa ini memiliki makna yang istimewa.




Dewa Brahma memiliki simbol huruf "A", Dewa Wisnu memiliki simbol huruf "U", dan Dewa Siwa memiliki simbol huruf "M".

Apabila ketiga huruf ini digabugkan menjadi satu, maka akan mucul 1 kata yang utuh yaitu "AUM" atau bisa juga dieja dengan sebutan "OM" yang disimbolkan dengan huruf (), dan hal itu merupakan simbol suci bagi umat agama Hindu.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close