Cara Mudah Melihat Screen on Time Laptop Windows


Screen on time
(SOT) atau ada juga yang menyebutnya dengan istilah display on time adalah istilah yang biasa digunakan pada gadget mobile seperti smartphone, tablet, maupun laptop, dengan tujuan yaitu untuk mengukur lamanya layar aktif saat perangkat gadget tersebut sedang digunakan.

Pada dasarnya pengukuran SOT ini dipakai untuk mengetahui seberapa besar penggunaan daya baterai yang terkuras, karena seperti yang kita tahu bahwa aktivitas yang paling banyak menghabiskan daya baterai memang ketika layar dalam kondisi aktif alias ketika perangkat gadget sedang digunakan.

Nah pada laptop sendiri, SOT ini secara umum bisa dimanfaatkan untuk mengetahui seberapa efisien perangkat dapat mengelola daya baterai, terutama saat menjalankan kegiatan multitasking maupun program software yang berat.

Dimana semakin lama layar laptop aktif, itu artinya semakin hemat pula penggunaan daya yang dibutuhkan, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi daya tahan dari baterai pada laptop bisa digunakan dalam jangka yang lebih panjang.

Lalu bagaimana cara untuk melihat tampilan screen on time di perangkat laptop terkhusus PC laptop yang menggunakan OS Windows?

Nah untuk bisa mengetahuinya, maka bisa langsung disimak saja pada ulasan berikut ini.


Cara Mengecek Screen on Time pada Laptop Windows

1. Langkah pertama kita klik menu Start Windows > kemudian cari dan pilih menu Settings.

Atau jika ingin lebih praktis bisa juga dengan cara langsung mengetikan keyword Settings di menu Search / kotak pencarian Windows.

2. Setelah itu lalu buka menu System > kemudian pilih opsi Power & Battery.



3. Selanjutnya lalu kita klik menu Battery Usage. Jika sudah maka secara default akan langsung tampil level penggunaan baterai selama 24 jam terakhir.


Dari data yang terlihat pada gambar diatas misalnya, disana terlihat jika screen on time yang terpakai yaitu 9 jam 21 menit, screen of time 15 menit, sedangkan waktu perangkat sleep 9 jam 9 menit dalam kurun waktu sekitar 24 jam.

Dari data tersebut yang terletak dibagian bawahnya, kitapun bisa melihat aplikasi apa saja yang paling sering dibuka dan paling banyak menghabiskan waktu screen on time. Baik itu saat dipakai maupun saat aplikasi sedang berjalan di latar belakang.

Bagaimana mudah bukan untuk mengeceknya?

Nah selain untuk melihat battery usage, di menu power & battery ini sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan beberapa penyesuaian atau menu pengaturan lainnya.

Beberapa diantara fitur yang bisa dipakai tersebut, misalnya saja seperti fitur power made yaitu untuk mengoptimalkan perangkat saat hanya memakai baterai, kemudian ada battery saver untuk memperpanjang daya baterai dengan me-limit aktivitas komputasi di latar belakang, dan juga ada mode screen and sleep untuk membuat perangkat masuk kedalam mode sleep setelah beberapa menit.

NB : Disclaimer juga bahwa dalam menjalankan tutorial ini kita menggunakan OS Windows 11. Jadi bagi pengguna versi lainnya, mungkin saja bisa terjadi adanya perbedaan dalam menjalankan setiap langkah-langkahnya.


Nah itulah tadi sedikit tutorial tentang cara melihat waktu screen on time yang terpakai di perangkat laptop dengan menggunakan sistem operasi Windows.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat, dan jika ada pertanyaan atau memang ada tahapan langkah yang belum dimengerti. Maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar dibagian bawah.

Akhir kata terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close