Cara Mengatur Otomatis Lebar Kolom Cell Microsoft Excel


Saat mengetik di program office Microsoft Excel, mungkin kita sesekali pernah atau bahkan sering menuliskan beberapa kata sekaligus pada setiap Column kotak cells yang tersedia.

Dimana jika isi teks yang ditulis itu terlalu panjang, maka tulisan tersebut biasanya akan langsung terpotong dan tertutup sebagian.

Sehingga agar tulisan tersebut dapat terlihat seutuhnya, kitapun harus memanjangkan dan menyesuaikan lebar dari kolom cells secara manual dengan cara melakukan double click maupun menggesernya menggunakan kursor mouse.

Nah jika kita sering melakukan cara tersebut, hal itu memang tidaklah salah. Namun jika kita ingin lebih hemat waktu, sebenarnya ada cara yang lebih praktis dan lebih mudah dalam mengatur lebar setiap kolom cells agar bisa diubah secara otomatis menyesuaikan dengan isi teks yang diketik.

Jadi dengan cara ini, kitapun tidak perlu repot lagi untuk mengatur lebar kolom cells secara manual, yang tentu saja akan menghabiskan banyak waktu terutama jika kita harus mengerjakan banyak tugas dalam format file excel.


Cara Sesuaikan Lebar Kotak Cell secara Otomatis di Program Microsoft Excel dengan Fitur Autofit

Pada dasarnya fitur ini memiliki nama Autofit Column Cells, yaitu fitur yang memiliki fungsi untuk menyesuaikan lebar kotak dari kolom cells Excel secara otomatis berdasarkan isi teks yang ditulis.

Jadi jika kita menulis kata yang cukup panjang, maka saat kita memindahkan kursor ke kolom cells yang lain, lebar kolom tersebut akan langsung memanjang dengan sendirinya mengikuti panjang teks.

Nah adapun untuk mengetahui bagaimana tutorial dan juga langkah-langkah lebih detailnya, maka bisa langsung disimak saja pada penjelasan berikut ini.

1. Langkah pertama kita buka lembar kerja baru di program Ms. Excel > lalu pada menu Sheet (bisa sheet1, sheet2, dst) yang terletak di bagian bawah kita lakukan Klik kanan > kemudian pilih menu View Code.



2. Jika sudah lalu akan muncul kota tampilan menu baru, disini kita cukup klik menu (General) dan menggantinya menjadi Worksheet.



3. Setelah itu, lalu kita ketikkan rumus diantara kata Private Sub worksheet selection change (by Val Target as Range) dan juga End Sub dengan menggunakan keyword seperti berikut (untuk lebih jelasnya bisa lihat saja pada gambar dibawah).

Rumus :
Cells.EntireColumn.Autofit



4. Jika rumus tersebut sudah diketik, maka langkah selanjutnya lalu kita close kotak tampilan dari menu tersebut.

Dan hasilnya saat kita menulis teks yang panjang pada setiap kolom/kotak cells, maka kolom tersebut akan langsung melebar dengan sendirinya menyesuaikan dengan isi teks atau kata yang diketik.

Catatan : Sedikit disclaimer juga, bahwa pada tutorial kali ini kita menggunakan program Microsoft Excel versi tahun 2019. Bagi teman-teman yang masih menggunakan versi dibawah atau diatasnya, mungkin saja bisa terjadi adanya sedikit perbedaan dalam menjalankan setiap langkah-langkahnya.

Jadi jika ada yang tidak sesuai atau ada yang memang belum dimengerti mengenai tahapan yang telah dijelaskan diatas, maka bisa langsung ditanyakan saja pada kolom komentar yang telah tersedia dibagian paling bawah.


Demikianlah postingan kali ini tentang cara mudah membuat kolom cells di Microsoft Excel dapat melebar otomatis menyesuaikan dengan teks yang ditulis.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan untuk melihat tips-tips seputar Microsoft Excel yang lainnya bisa langsung dilihat saja pada postingan sebelum ini. Terima kasih

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close