Cara Mengecek Fitur Auto Cut Off pada Baterai Laptop


Fitur auto cut off pada baterai laptop bisa dibilang merupakan sebuah fitur perlindungan baterai yang memang sengaja dibuat untuk mencegah baterai dari kerusakan akibat overcharging. Ini merupakan salah satu fitur penting untuk memastikan baterai laptop kita tetap berada dalam kondisi yang baik dan juga bisa bertahan lebih lama.

Adapun prinsip dari fitur auto cut off ini, yaitu akan bekerja selama proses charging baterai dan akan langsung berhenti otomatis mengisi daya baterai saat baterai telah mencapai level penuh atau kapasitas maksimum yang telah ditentukan.

Setelah mencapai kapasitas penuh, laptop akan menghentikan pengisian daya dan beralih ke penggunaan daya langsung dari sumber listrik jika laptop memang masih terhubung dengan adaptor daya. Hal ini tentu saja dapat meminimalisir kerusakan pada baterai akibat dari penerimaan daya listrik berlebih selama proses charging.

Sebab pengisian daya terus-menerus atau overcharging dapat mengakibatkan degradasi baterai yang cepat, yang pada gilirannya akan mengurangi umur pakai baterai laptop kita. Oleh karena itu, fitur auto cut off ini cukup penting keberadaanya untuk menjaga kesehatan baterai laptop.

Sebagian besar laptop modern telah dilengkapi dengan fitur ini, dan kitapun tidak perlu melakukan pengaturan khusus. Sebab biasanya fitur tersebut akan berjalan secara otomatis ketika baterai mencapai tingkat pengisian daya yang maksimal.

Lalu bagaimana cara memastikan bahwa laptop kita sudah memiliki fitur auto cut off? Nah untuk mengecek apakah fitur ini sudah aktif dan ada pada laptop kita, maka untuk mengetahuinya bisa langsung disimak saja pada penjelasan berikut ini. 

Cara Mudah Mengecek Fitur Auto Cut Of pada Baterai Laptop Windows

1. Langkah pertama kita buka terlebih dahulu program menu windows explorer / file explorer.

2. Selanjutnya kita cukup "klik kanan" pada menu This PC > lalu pilih Show more options > kemudian pilih menu Manage.

NB : Jika pada windows 10 biasanya cukup klik kanan pada menu This PC > lalu langsung pilih opsi manage.



3. Setelah itu maka akan muncul tampilan menu baru, disini kita cukup pilih Device Manager > lalu kemudian pilih menu Batteries.

Jika terdapat opsi menu atau tulisan "Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery" itu artinya perangkat laptop kita sudah memiliki fitur auto cut of.



4. Nah lalu untuk benar-benar memastikan apakah fitur tersebut sudah berjalan aktif atau belum, maka untuk mengeceknya kita cukup melakukan double klik pada menu tersebut, lalu jika terdapat tulisan "This device is working properly" itu artinya fitur auto cut telah aktif dan berjalan dengan normal.



Hingga langkah diatas, maka tahapan untuk mengecek keberadaan fitur cut of pada perangkat laptop kitapun telah selesai dilakukan.

Catatan : Disclaimer juga, bahwa pada tutorial ini kita hanya menggunakan perangkat laptop dengan sistem operasi Windows 11 saja. Jadi bagi pengguna OS versi lainnya, mungkin bisa saja terjadi adanya perbedaan meskipun kemungkinan tidak akan terlalu jauh perbedaannya.


Demikianlah postingan artikel kali ini tentang cara mudah untuk melihat apakah laptop kita sudah memiliki fitur auto cut of baterai atau tidak.

Semoga artikel dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti dalam menjalankan setiap langkah-langkahnya, maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang sudah disediakan di bagian paling bawah.

Terima kasih telah berkenan mengunjungi blog ini, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post
close