Cara Mengetahui Jumlah Postingan Blog Orang Lain


Sebagai seorang blogger, mungkin kita pernah merasa kepo terhadap postingan artikel yang telah dipublish di blog milik orang lain.

Dimana beberapa diantara kita, tidak jarang ada yang penasaran dan ingin tahu tentang jumlah keseluruhan dari artikel yang sudah diposting di blog kompetitor tersebut.

"Kira-kira berapa ya jumlah total artikel yang telah di-upload di blog ini?" Kurang lebih mungkin seperti itulah pertanyaan yang ada di dalam benak kita.

Nah jika kita memang pernah berfikiran seperti itu, kenapa kita tidak sekalian untuk mengeceknya saja.

Loh memangnya bisa? jawabannya tentu saja bisa dan pastinya sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Lalu bagaimana caranya kita bisa mengetahui jumlah artikel yang telah di posting di blog atau website milik orang lain tersebut? 

Yang jelas untuk bisa mengetahui jumlah artikel yang telah ditulis ini, kita tidak perlu harus repot untuk melihat dashboard dari pemilik blog, apalagi harus melakukan hack sistem terlebih dahulu.

Melainkan sebenarnya ada cara khusus yang sangat simpel dan juga praktis agar kita bisa melakukan tutorial ini.

Adapun bagi kita yang ingin mengetahui tips tersebut, maka bisa langsung saja disimak pada penjelasan berikut ini.


Cara Mengecek Jumlah Artikel di Blog Milik Orang Lain

1. Langkah pertama kita masuk terlebih dahulu ke halaman situs berikut w3schools HTML.

2. Setelah itu lalu kita salin atau copy kode dibawah ini > kemudian paste-kan kode HTML tersebut di web yang telah kita buka pada poin nomor 1 tadi.

<center> <script style="text/javascript"> function showpostcount(json) { document.write('Jumlah Artikel : <u><b>' + parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10) + '</b></u><br>');}</script> <script src="https://bapigif.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&callback=showpostcount"></script><script style="text/javascript"></script> <script style="text/javascript"> function numberOfComments(json) { document.write('Jumlah Komentar : <u><b>' + json.feed.openSearch$totalResults.$t + '</b></u><br>');}</script> <script src="https://bapigif.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=numberOfComments"></script> </center> 

3. Selanjutnya pada bagian alamat domain bapigif yang berwarna merah, bisa kita ganti sesuai dengan nama domain yang kita inginkan (alamat url dari blog yang ingin dicek total artikelnya).

NB: Alamat domain yang pertama, yaitu digunakan untuk mengetahui jumlah keseluruhan postingan yang telah dipublish di situs tersebut. Sementara untuk alamat domain kedua yang ada dibawahnya, yaitu digunakan untuk mengetahui jumlah komentar yang ada. 

4. Langkah terakhir lalu langsung saja kita pilih menu Run untuk melihat hasilnya.

Jika sudah, maka pada kolom yang ada dibagian sebelah kanan nantinya akan terlihat jumlah postingan artikel dan juga total komentar yang ada pada blog tersebut.

Jika tidak berjalan, coba ditambahkan www. pada awalan URL domain.


Dari contoh tampilan gambar yang ada diatas, kita bisa mengetahui bahwa blog Bapigif memiliki total artikel yang dipublikasikan yaitu sebanyak 511, dan total komentar dari pengunjung yaitu ada sekitar 217 komentar.

Catatan : Sedikit disclaimer juga, bahwa cara ini sayangnya hanya bisa diterapkan pada situs web yang menggunakan platform blogger saja (baik itu yang masih berupa subdomain blogspot atau sudah dilakukan custom domain). Jadi untuk pengguna platform CMS lain seperti wordpress, drupal, joomla, dll, sepertinya memang tidak bisa menggunakan cara ini.


Nah bagaimana mudah bukan?

Demikianlah artikel singkat kali ini tentang tutorial untuk mengetahui jumlah postingan artikel di situs website orang lain.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada kendala dalam menjalankan langkah-langkahnya, maka bisa langsung saja disampaikan pada kolom komentar yang telah disediakan dibagian paling bawah.

Terima kasih telah berkenan untuk mengunjungi blog ini, dan akhir kata sampai berjumpa kembali di artikel lain berikutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !

Previous Post Next Post

Contact Form

close