2 Cara Melihat Screen on Time Smartphone Xiaomi

Screen on Time (SOT) atau bisa juga disebut dengan waktu layar adalah tampilan data berupa grafik dan statistik yang ditampilkan dari suatu gadget saat kita sedang menggunakan program maupun aplikasi tertentu.

SOT ini memiliki fungsi untuk mengetahui seberapa lama saat waktu layar aktif (menyala) dalam satu kali pengisian daya baterai.

Sehingga dengan hal ini pula kita dapat dengan mudah mengetahui seberapa hemat durasi baterai yang dapat dihabiskan dari satu gadget, hanya dengan melihat waktu rata-rata dari penggunaan program pada gadget tersebut.

Selain itu dengan mengecek screen on time ini, kitapun dapat mengetahui mengenai banyak waktu yang dihabiskan saat kita menggunakan aplikasi tertentu. Serta aplikasi apa saja yang kira-kira paling banyak menguras daya baterai.

Jadi secara umum dengan melihat hasil statistik dari Screen on time, maka seharusnya kita dapat lebih mudah dalam mengatur dan mengelola saat menggunakan aplikasi tertentu yang sedang berjalan. Dan tentu membuat kita dapat menggunakan smartphone menjadi lebih efisien.

Lalu bagimana untuk melihat tampilan waktu dari SOT ini?

Setiap brand tentu memiliki cara yang berbeda-beda saat ingin menggunakan fitur tersebut. Namun khusus di handphone dari merk Xiaomi, kita dapat mengakses fitur tersebut setidaknya dengan dua cara.

Nah untuk mengetahui caranya tersebut, maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini.


Cara Mengetahui Penggunaan Screen on Time di hape Xiaomi

Terdapat dua cara berbeda yang dapat kita lakukan untuk menampilkan data dari SOT atau waktu layar ini.

Cara 1

1. Langkah pertama kita buka menu "Settings" atau menu "setelan telepon" di ponsel Xiaomi kita.

2. Setelah itu lalu kita pilih saja menu "Baterai".


3. Jika sudah maka kita dapat langsung melihat data dan statistik dari penggunaan waktu layar di smartphone kita.


Cara 2

1. Langkah pertama kita buka aplikasi program "Keamanan" atau "Security".

2. Jika sudah lalu kita masuk ke menu "Baterai & Performa".


3. Setelah itu maka akan langsung muncul tampilan dari SOT di layar smartphone kita.


Tidak hanya bisa ditemukan di perangkat smartphone saja, tampilan dari screen on time inipun bisa diakses oleh user di banyak gadget lain sepeti pada perangkat tablet, laptop, maupun komputer desktop pada umumnya.

Selain itu manfaat dari kita mengetahui data layar aktif yaitu agar kita dapat aware dengan waktu yang telah kita habiskan di depan perangkat elektronik.

Dengan kita mengetahui hal ini, maka diharapkan kita dapat mampu membatasi penggunaan setiap gadget, agar kesehatan kitapun dapat lebih terjaga.

Karena berdasarkan dari hasil penelitian, jumlah SOT yang banyak pada seseorang khususnya anak-anak, maka hal tersebut akan berpengaruh pada perkembangan anak itu dan juga kesehatan fisik serta mental.

Jadi usahakan untuk kita tetap menggunakan perangkat elektronik seperti gadget sesuai dengan kebutuhannya serta dalam batas wajar yang tidak berlebihan.

Baca Juga : Cara Mudah Menampilkan Mode Hibernasi pada Windows 11

Demikianlah tips singkat kali ini tentang cara mengecek tampilan screen on time di hape xiaomi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan atau jika ada yang belum dimengerti dalam menjalankan langkah-langkahnya, maka bisa langsung disampaikan di kolom komentar yang telah disediakan di bagian paling bawah.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali di artikel lain selanjutnya.

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam, No Link Aktif !

Previous Post Next Post

Contact Form

close
close